Monday 17 June 2013


YAYASAN PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA
PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA PENGARASAN
Alamat: Jl. Raya Blok Masjid RT. 004 RW. 003 Desa Pengarasan,
Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes 52274 Jawa tengah


Nomor    : 010/YPP.MH/V/2013                         Pengarasan, 27 Mei 2013
Lampiran    : 1 (satu) Berkas Proposal
Perihal    : Permohonan Bantuan Dana   


    Kepada Yth:
       





Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam silaturahmi kami sampaikan teriring do’a, semoga bapak senantiasa mendapat lindungan, bimbingan serta karunia nikmat yang berlimpah dari allah SWT. Amin Ya Rabbal’Alamin.
    Pondok Pesantren merupakan sarana yang kerap menjadi sandaran dan harapan akan pembangunan manusia yang bermoral berakhlak serta bermartabat. Optimalisasi pesantren dalam melakukan pembinaan spiritual masyarakat dan kawula muda terus diupayakan. Namun demikian berbagaikendala dan pencapaian tujuan tersebut seringkali terbentur kendala minimnya kemampuan material yang kami miliki. Adapun biaya yang kami butuhkan untuk pembangunan asrama putra dan putri adalah sebesar Rp. 438.355.000 (Empt ratus tiga puluh delapan juta tiga ratus lima puluh lima ribu  rupiah)
    Berkenaan hal diatas, kami berharap agar proposal Permohonan Bantuan Dana Pembangunan Asrama Putra dan Putri Pesantren Miftahul Huda pengarasan dapat direalisasikan demi sukses dan lancarnya tujuab kami.
    Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan bantuan Bapak,  kami ucapkan terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

           
        1.    PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan faktor kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar atau KBM sangat membantu guru dan siswa untuk menimba ilmu.
Guna memperluas wawasan cakrawala dunia, faktor sarana dan prasarana dalam lingkungan pendidikan baik yang bersifat formal maupun yang informal akan sangat menunjang keberhasilan suatu pembelajaran guna meningkatkan keilmuan baik ilmu dunia maupun ilmu agama yang didasari keseimbangan iman dan ketaqwaan kepada allah SWT.
Pondok Pesantren Miftahul Huda merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mencetak anak didik sebagai pribadi muslim yang kaffah, Mutaqin, dan mandiri. Yang mana saat ini membutuhkan sarana asrama putra putri untuk santri dan santriwati yang menimba ilmu dan dibina dipondok pesantren miftahul Huda pengarasan.
Menyadari betapa beratnya tugas yang kami lakukan dalam mengemban amanah guna mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang mampu mencapai sarana penunjang yang memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan selera zaman.
Sebenarnya kalau kita ukur dengan kebutuhan dan kepentingan saat ini, sarana dan prasarana yang ada di pondok pesantren Miftahul Huda termasuk masih kurang dan cukup tertinggal jauh dari seharusnya. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kami dalam upaya menyediakan dan meningkatkan sarana dan prasarana sehingga dapat memperlancar proses pendidikan secara umum yang lebih baik dan berkualitas.
Adapun usaha yang kami lakukan saat ini berkaitan dengan program pengadaan sarana fisik untuk pembangunan Asrma putra dan putri pondok pesantreb Miftahul Huda pengarasan

2.    LATAR BELAKANG
Pendidikan (khususnya pendidikan agama) bagi umat manusia didunia ini sangat mutlak diperlukan sepanjang hayat, karena tanpa pendidikan manusia mustahil dapat hidup berkembang sejalan dengan watak, bakat, dan potensi yang dimiliki untuk maju.
Manusia adalah makhluk yang dinamis dan bercita- cita tinggi untuk meraih kehidupan yang sejahtera dan bahagia. Dalam arti yang luas baik lahiriah atau mencapau Mardhatillah didunia dan akhira, namun cita- cita yang mulia itu tidak mungkin dicapai jika manusia itu sendiri tidak berusahakeras meningkatkan kemampuan seoptimal mungkin melalui proses pendidikan, terutama pendidikan yang dikelola secara islami karna proses pendidikan secara islami-lah yang memberi potsi seimbang antara kesejahteraan dunia akherat.
Oleh karena itu pelaksanaan pendidikan khususnya pendidikan pondok pesantren mempunyai beberapa komponen yang saling berkaitan yang apabila salah satu komponen rusak atau hilang maka akan menyebabkan tujuan yang ingin dipenuhi akan sulit dicapai, seperti ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai meliputi bangunan belajar dan alat pendidikan yang refresentatif, asrama sebagai tempat beristirahat santri pelajar, serta mesjid sebagai sarana ibadah, sumber daya manusia sebagai pengelola yang profesional dan amanah, serta dukungan masyarakat sekitar pondok pesantren serta pihak- pihak yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kemajuan pendidikan agama didaerahnya.
Sesuai dengan permasalahan diatas dan melihat fakta yang ada, kiranya tidak jauh berbeda kendala- kendala yang dihadapi hampir setiap lembaga pendidikan pondok pesantren, yaitu belum lengkapnya berbagai fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.

3.    DASAR PEMIKIRAN
Pada hakikatnya upaya membangun, memelihara dan mengembangkan bangunan pondok pesantren dan sarana ibadah lainnya adalah hak dan kewajiban insan yang beriman dan tunduk terhadap allah SWT. Upaya tersebut sudah sepantasnya pula disandarkan pada upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.
Berdasarkan hal tersebut, maka dalam rangka membangun sarana penunjang pembangunan asrama, kami atas nama panitia mengajak kepada seluruh umat untuk bersama- sama melakukan pembangunan tersebut. Seruan kami ini sangat penting, karena tegaknya, terpeliharanya dan makmurnya syariat islam merupakan kunci sukses pengembangan pendidikan dan dakwah islamiyah.

4.    PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya dana atau anggaran untuk melaksanakan pembangunan asrama dipondok pesantren Miftahul Huda, maka dari itu kami selaku panitia pembangunan membuat proposal permohonan bantuan dana pembangunan asrama pondok pesantren tersebut.



5.    MAKSUD/ TUJUAN PEMBANGUNAN
Berdasarkan pemikiran diatas, maka upaya pembangunan asrama sudah sepantasnya dilaksanakan, dengan harapan sudah terwujudnya bangunan yang refresentatif serta dapat menunjang kegiatan yang positif, baik kegiatan belajar mengajar (pendidikan) keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.
1.    Terbinanya sikap mental yang mandiri dan mengemban risalah islamiyah.
2.    Meingkatkan pendidikan islam dan syi’ar islam dengan tersedianya fasilitas yang lebih baik, yang layak dan memadai
3.    Memberikan kesempatan kepada segenap umat islam tak terkecuali untuk beramal jariyah bagi kepentingan islam.
4.    Ikut berpartisifasi secara aktif dalam rangka mengisi kegiatan dalam pembangunan sesuai dengan bidang garapan masing- masing
5.    terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana

6.    RENCANA SUMBER DANA DAN PENGGUNAAN
Sumber dana yang tersedia sebagai modal awal adalah dari kas pondok pesantren Miftahul Huda dan bantuan- bantuan dari masyarakat serta para aghniya- aghniya setempat, yang mana apabila diukur dengan anggaran yang direncanakan sangat jauh dari mencukupi, namun dengan tekad fii sabilillah dan rasa harapan, kami mengajak kepada seluruh kaum muslimin untuk bershadaqoh jariyah demi terwujudnya bangunan ruang belajar yang layak dan memadai.

7.    METODE/ CARA PELAKSANAAN KEGIATAN
Untuk metode atau cara pelaksanaan kegiatan pembangunan, kami selaku panitia membagi- bagi kelompok kerja khususnya untuk masyarakat setempat untuk melaksanakan kegiatan pembangunan setiap satu hari satu kali untuk membantu buruh teknisnya.

8.    RENCANA KEGIATAN
Dilandasi dengan niat Lillahi Ta’alaa maka dengan diawali ucapan ”Bismillahirrohmanirrohiim” kami panitia pembangunan asrama putra dan putri di pondok pesantren Miftahul Huda berniat melaksanakan kegiatan pembangunan ini dengan lima tahap kegiatan
    Tahap Pertama        : Perencanaan dan Konsolidasi
    Tahap Kedua        : Pencarian dana dan pengumpulan
    Tahap Ketiga        : Persiapan Pekerjaan
    Tahap Keempat        : Persiapan keseluruhan
    Tahap Kelima        : Finishing

9.    JANGKA WAKTU ATAU JADWAL PELAKSANAAN
1)    Tanggal pelaksanaan disesuaikan dengan adanya dana, dalam artian jikalau dana sudah terkumpul kegiatan pembangunan akan segera dimulai.
2)    Para pekerja hanya diperbolehkan istirahat pada jam 12.00- 13.00 (dzuhur)
3)    Untuk hari jum’at pembangunan diliburkan
4)    Kegiatan pembangunan dilaksanakan sampai pekerjaan selesai

10.    PENUTUP
Demikian usulan proyek ini disusun dengan maksud agar semua pihak dapat mengetahui dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengenai segala sesuatu yang menyangkut dengan proyek ini. Semoga Allah SWT memudahkan jalan bagi kelancaran pembangunan ini serta memberkahi hamba- hambanya yang senantiasa memberikan dukungan serta bantuan terhadap perjuangan yang diridhoi Allah SWT, Amien. Atas segala bantuannya kami haturkan terimaksih.


RENCANA ANGGARAN BIAYA
UNTUK PEMBANGUNAN ASRAMA PUTRA

No    Nama Barang    Banyaknya    Harga satuan (Rp.)    Jumlah harga (Rp.)    Jumlah total (Rp.)    Ket.
    A. Bahan besi                   
1    Besi 12 mm, pul ks    271 lt    Rp.   82.500    Rp.  22.357.500       
2    Besi 10 mm, pul ks    30 lt    Rp.   70.000    Rp.    2.100.000       
3    Besi 8 mm, pul ks    2,775 lt    Rp.   45.500    Rp.126.262.500       
4    Besi 8 mm, pul ks    100 lt    Rp.   15.000    Rp.    1.500.000       
5    Tali beton    250 lt    Rp.   11.000    Rp.    2.750.000    Rp. 154.970.000   
    B.Bahan Tembok                   
1    Semen/ fc    250 zak    Rp.   42.000    Rp.  10.500.000       
2    Pasir beton    202 m3    Rp. 300.000    Rp.  60.600.000       
3    Pasir pasang    40 m3    Rp. 230.000    Rp.    9.200.000       
4    Batu seprit    135 m3    Rp. 190.000    Rp.  25.650.000       
5    Batu kali    50 m3    Rp. 190.000    Rp.    9.500.000       
6    Bata merah    35,700 bh    Rp.        300    Rp.  10.710.000    Rp. 126.160.000   
    C. Bahan kayu dan bambu                   
1    Kayu penyangga    2.5 m3    Rp.    800.000    Rp.    2.000.000       
2    Papan cor    20 m3    Rp.    800.000    Rp.  16.000.000       
3    Papan pintu    0.7 m3    Rp. 1.500.000    Rp.    1.050.000       
4    bambu    3.300 batang    Rp.        5.000    Rp.  16.500.000    Rp. 35.550.000   
    D. Bahan penunjang                   
1    Paku    125 kg    Rp.        8.000    Rp.    1.000.000       
2    Tegel keramik    470 dus    Rp.      50.000    Rp.  23.500.000       
3    Kaca 5 mm    63 m2    Rp.      45.000    Rp.    2.835.000       
4    Cat tembok    198 kg    Rp.      10.000    Rp.    1.980.000       
5    Cat kayu    16 kg    Rp.      25.000    Rp.       400.000       
6    Kunci    16 bh    Rp.      60.000    Rp.       960.000       
7    Alat alat listrik            Rp.    1.500.000       
8    Barang2 lain            Rp.    9.500.000    Rp. 41.675.000   
    E. Upah kerja            Rp.  80.000.000    Rp. 80.000.000   
JUMLAH TOTAL    Rp. 438.355.000

Pengarasan, 27 Juli 2013
Panitia Pembangunan Asrama

Ketua Panitia                        Sekretaris




Ust. Wahyu                        Ust. Asep Saeful Millah

Mengetahui
Pengasuh Ponpes Miftahul Huda





K. AHMAD BAHRUM




















0 comments:

Post a Comment