Tuesday 18 June 2013


NIKMAT UMUR
ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلل فلاهادي له. واشهد ان لا اله الا الله . واشهد أن محمّدا عبده ورسوله أرسله بالحق بشيرا ونذيرا بين يدي الساعة. من يطع الله ورسوله فقد رشد. ومن يعصهما فانه لا يضر الا نفسه. ولا يضرالله شيأ. اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد وعلى اله وأصحابه أجمعين. أما بعد: فيا أيها الناس أوصيكم وأياي بتقوى الله فقد فاز المتقون. وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ (ابرهيم. ٣٤) خير الناس من طال عمره وحسن عمله، وشر الناس من طال عمره وساء عمله لاتزول قدما عبد حتى يسأل من عمره فيما أفناه وعن علمه فيما فعل وعن ماله فيما اكتسبه وفيما أنفقه وعن جسمه فيما أبلاه. رواه الترمذي أغتنم خمسا قبل خمس: صحتك قبل سقمك، وفراغك قبل شغلك، وشبابك قبل هرمك، وغناك قبل فقرك، وحياتك قبل موتك (رواه البيهقي) أقول قولى هذا وأستغفرالله العظيم لى ولكم ولوالدي ولوالديكم ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه إنه هو الغفورالرحيم    Hadirin sidang jum’at rahimakumullah!
Dalam kesematan yang berbahagia ini, marilah kita bersama-sama untuk senantiasa meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam kenikmatan kepada kita semua dan kepada bangsa indonesia. Salah satu kenikatan yang telah di berikan oleh Allah kepada kita adalah nikmat panjang umur.

Hadirin sidang jum’at rahimakumullah!
Allah SWT selalu memberikan nikmat kepada kita dimanapun kita berada, dan kalau kita menghitung – hitung semua kenikmatan yang telah di anugrahkan kepada kita, niscaya kita tidak akan bisa menghitung nya.
Dalam hal ini Allah berfirman dalam Al-Qur’an:
و ا ن تعد و ا نعمت ا لله لا تحصو ها (ا لا برهيم. 34)
Artinya: “Dan jika kamu menghitung nikamt Allah niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya”.

Sungguh benar firman Allah SWT itu, andai kata kita ingin juga hendak menghitungnya satu –persatu, mengenai nikmat yang kita masukan kedalam perut dengan melalui kerongkongan saja, rasanya akan payah kita untuk menghitungnya, apa-apa macamnya, berapa banyaknya yang kita masukan kedalam perut kita,sungguh sangat tidak mungkin kalau kita bisa menghitung kenikmatan Allah.
Cuma manusia juga yang kadang-kadang lupa kepada Allah SWT yang maha pemurah dan maha pengasih dalam memberikan macam-macam kenikmatan kepada kita semua.
Kaum muslimin yang berbahagia
Kalau Allah telah memanjangkan umur kita sampai sekarang ini, maka sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada Allah SWT dengan menggunakan sisa umur kita untuk mengabdi kepada Allah SWT dengan arti yang sebenar-benar nya mengabdi, dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya serta bersedia untuk menegakkan, hukum Allah dengan patuh dan tunduk. Untuk itu lah Allah sengaja memanjangkan umur kita sampai sekarang ini.
Semakin bertambah umur kita maka semakin dekat kita kepada yang namanya ajal, dan apabila ajal sudah semakin dekat kepada kita, maka semakin dekat pula kita kepada liang kubur. Karena itu hendaklah umur kita yang masih ada sekarang ini, kita gunakan sebaik-baiknya sebelum ajal menjemput kita, sebelum umur kita bercerai dengan badan jangan terlambat dan janganlah kita terpedaya dengan kekuatan kita, kekayaan, dan kekuasaan yang kita miliki. Semua itu akan berakhir bila malaikat maut sudah menjemput kita dan menceraikan roh kita dari badan.
Marilah kita perhatikan sabda nabi Muhammad saw di bawah ini :

خير ا لناس من طال عمره و حسن عمله وشر الناس من طال عمره وساء عمله

Artinya : “sebaik-baiknya manusia yang di beri umur panjang, dan umur yang panjang itu di gunakan untuk berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya, dan seburuk-buruknya manusia adalah orang yang diberikan umur panjang tetapi umur panjang itu di unakan untuk berbuat kejahatan dan kerusuhan-kerusuhan (HR AHMAD)

Dengan sabda nabi Muhammad saw itu dapat lah kita mengambil perhatian dan keinsyafan supaya kita dapat menggunakan umur kita yang berharga ini dengan sebaik-baiknya menurut apa yang telah di gariskan oleh agama kita serta di ridhoi Allah SWT.
Kaum muslimin yang berbahagia,
Umur yang digunakan ini akan kita pertanggung jawabkan kepada Allah nantinya untuk apa saja umur yang kita habiskan ini, semuanya akan di mintai pertanggung jawaban oleh Allah kepada kita. Pertama-tama yang akan di tanyakan oleh Allah iyalah mengnai umur, kemana di habiskan dan untuk di gunakan pada waktu itu kita tidak dapat berdusta sedikit pun, sebab semua anggota badan menjadi saksi tentang apa dan ntuk apa di pergunakan umur kita yang sekian puluh tahun di pakai. Barulah pada hari itu timbulah penyesalan yang mana penyesalan tidak berguna lagi karena sesal di kemudian hari tidak ada gunanya lagi.
Sebagai mana sabda Rasulallah saw :

لا تزول قد ماعبد حتى يسأل من عمره فيما أفناه وعن علمه فيما فعل وعن ماله فيما اكتسبه فيما انفقه وعن جسمه فيما أبلاه : روه الترمدى

Artinya : “belum lagi hilang jejak telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat, sehingga telah di ajukan tiga pertanyaan :

1.    dari hal umurnya kemana di habiskan
2.    dari hal tubuhnya untuk apa di pakai
3.    dari hal ilmunya apa yang telah di amalkan

kaum muslimin yang berbahagia
bagi manusia yang beriman kepada Allah, pasti mempercayai bahwa pada suatu saat nanti yang telah di tentukan umurnya akan bercerai dengan badannya bila ajalnya sudah datang dan dia berpulang kerahmatullah untuk mempertanggun jawabkan umurnya kepada Allah. Bila kepercayaan ini sudah tumbuh dan sudah menjadi keyakinan yang kuat masing-masing manusia akan berhati-hati untuk sisa umurnya, sebelum datang ajalnya untuk mencapai husnul khatimah, yaitu menghabikan waktu yang baik.
Baiklah marilah kita bersma-sama ingat pada pesan nabi muhammad saw mengenai penggunaan segala kesempatan dalam hidup ini.

أغتنم خمسا قبل خمسى : صحتك قبل سقمك, فراغك قبل شغلك, شبابك قبل هرامك, غناك قبل فقرك, حياتك قبل موتك (روه بيهقى)   

Artinya : “pergunakan kesempatan sebelum datangnya lima kesempitan”

1.    pergunakan kesempatan sehatmu sebelum datang sakitmu
2.    pergunakan kesempatan lapangmu sebelum datang kesempitanmu
3.    pergunakanlah hari mudamu sebelum datang hari tuamu
4.    pergunakanlah kesempatan kayamu sebelum datang masa pakirmu
5.    pergunakanlah masa hidupmu sebelum datang saat kematianmu
(HR BAIHAQI)

Sebagai mahluk hidup marilah kita gunakan kesempatan hidup kita unuk memperbaiki langkah yang lalu, agar mencapai kehidupan yang bahagia dan sukses memperoleh kemenangan yang diridhoi Allah SWT.

أقول قولى هدا وستغفرالله العظيم لى ولكم ولوالدى والوا لديكم ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه انه هوالغفورالرحيم




KHUTBAH II

الحمد لله حمدا كثيرا كما امرا, فانتهوا عما نهى عنه وحدر, الشهد ان لااله الاالله الواحدالقهار, واشهد ان محمدا عبده ورسوله سيدالابرار. ,قال الله تعالى فى كتابه الكريم: ان الله وملائكته يصلون علنبي يايها الدينا امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم صلى على محمد وعلى ال محمد كما صليت على ابراهيم وعلى ال ابرا هيم. وبارك على محمد وعلى ال محمد كما باركتا على ابرا هيم وعلى الى ابرا هيم فى العالمين انك حميد مجيد. اللهم اغفر للمسلمين ولمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياءمنهم والاموات. اللهم انا نسئلك من الخير كله ماعلمنا منه ومالم نعلم ونعو دبك من الشر كله م علمنا منه وما لم نعلم. اللهم أنا نسئلك من خير م سألك به عبادك الصالحون. ونعود من شرما استعادك منه عبادك الصالحون. , ربنا اتنا فى لدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقناعداب لنار. عبا دا الله أن الله يأ مركم بالعدل والاحسان وايتائ دالقربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلكم تدكرون, فادكروا الله العظيم يدكركم واسئلوه من فضله يعطكم ولدكر الله اكبر.
: Oleh : Asep Saeful Millah

1 comment:

  1. Maaf text Arabnya saya ralat:
    ا لسلام عليكم ورحمة الله وبر كاته
    الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهد الله فلامضلّ له ومن يضلل فلاهادي له. واشهد ان لا اله الا الله . واشهد أن محمّدا عبده ورسوله أرسله بالحق بشيرا ونذيرا بين يدي الساعة. من يطع الله ورسوله فقد رشد. ومن يعصهما فانه لا يضر الا نفسه. ولا يضرالله شيأ. اللهمّ صلّ وسلّم وبارك على سيّدنا محمّد وعلى اله وأصحابه أجمعين.
    أما بعد: فيا أيها الناس أوصيكم وأياي بتقوى الله فقد فاز المتقون.
    وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَتَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا ۗ (ابرهيم. ٣٤)
    خير الناس من طال عمره وحسن عمله، وشر الناس من طال عمره وساء عمله
    لاتزول قدما عبد حتى يسأل من عمره فيما أفناه وعن علمه فيما فعل وعن ماله فيما اكتسبه وفيما أنفقه وعن جسمه فيما أبلاه. رواه الترمذي
    أغتنم خمسا قبل خمس: صحتك قبل سقمك، وفراغك قبل شغلك، وشبابك قبل هرمك، وغناك قبل فقرك، وحياتك قبل موتك (رواه البيهقي)
    أقول قولى هذا وأستغفرالله العظيم لى ولكم ولوالدي ولوالديكم ولجميع المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فاستغفروه إنه هو الغفورالرحيم.
    الحمد لله حمدا كثيرا كما امر، أشهد ان لا اله الا الله الواحد القهار، وأشهد ان محمّدا عبده ورسوله سيّد الابرار. قال الله تعالى فى كتابه الكريم: إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيماً. اللهمّ صلّ على سيّدنا محمّد وعلى ال محمّد كما صلّيت على ابراهيم وعلى ال ابرا هيم. وبارك على محمّد وعلى ال محمّد كما باركت على ابرا هيم وعلى الى ابرا هيم فى العالمين انّك حميد مجيد. اللهمّ اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات. اللهمّ انّا نسألك من الخير كله ماعلمنا منه وما لم نعلم، ونعو ذ بك من الشرّ كله ما علمنا منه وما لم نعلم. اللهمّ أنا نسألك من خير ما سألك به عبادك الصالحون. ونعوذ من شر ما استعاذك منه عبادك الصالحون. ربّنا اتنا فى الدنيا حسنة وفى الاخرة حسنة وقنا عذاب النار. عباد الله إنّ الله يأ مر بالعدل والاحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفحشاء والمنكر والبغي، يعظكم لعلكم تذكرون. فاذكروا الله العظيم يذكركم، واسئلوه من فضله يعطكم، ولذكر الله اكبر.

    ReplyDelete