Monday 17 June 2013

Pengarasan, 10 Mei 2013


    Kepada Yth:
       
        Bapak Ibu Donatur
        di-
            Tempat




SURAT PENGANTAR
Nomor : 12/ PP.MH/V/2013


NO    Uraian    Banyaknya    Keterangan
1.    Permohonan Bantuan Dana Rehabilitasi Pembangunan Raudlatul Athfal Al Huda Pengarasan Huda Jl. Raya Blok Masjid Jami’ Nahdatul Muslimin RT. 004 RW. 003 Desa Pengarasan, Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes Jawa tengah    1 (satu) Berkas    Disampaikan dengan hormat agar menjadi maklum



1.    PENDAHULUAN

“Bismillahi Wabihamdih, segala puji bagi Allah SWT, kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan diri kita dan kejelekan amalan-amalan kita, barang siapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang mampu menyesatkannya, dan barang siapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang mampu memberinya hidayah. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba Allah dan Rasul-Nya” .

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”.(QS. Ali ‘Imran : 102)

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS. An-Nisaa’ :1)

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta`ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar”.(QS. Al-Ahzaab : 70-71)


2.    LATAR BELAKANG

Raudhatul Athfal  “Al Huda Pengarasan” didirikan pada Tanggal 06 Juni Tahun 2007  M di Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah dengan Nomor Statistik 012332902104, dan Yayasan Penyelenggara adalah Yayasan Pendidikan Pondk Pesantren Miftahul Huda. Sebagai Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang resmi, Raudhatul Athfal  “Al Huda Pengarasan” dalam pengelolaannya bersifat “Nirlaba” atau tidak berorientasi pada keuntungan materi. Para pendidiknya rata-rata dari kalangan sahabat-sahabat kami yang mempunyai keinginan dan ketulusan yang sama dalam mengelola lembaga ini.
Dengan niat yang tulus untuk menggapai ridha Allah SWT, setapak demi setapak kami mulai merajut cita-cita kami yaitu kegiatan pembelajaran senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak untuk mencapai optimalisasi aspek fisik maupun psikhis ( intelektual, bahasa, motorik & sosio emosional ) Tidak sedikit rintangan atau hambatan yang kami temui dalam mengelola lembaga ini, namun hal ini kami jadikan sebagai pemicu sekaligus sebagai pemacu semangat kami untuk tetap menggapai ridha Allah SWT.
Pola pendidikan di Raudhatul Athfal  “Al Huda Pengarasan” mengacu pada kurikulum Departemen Agama yang bernaung dibawah Ormas Nahdhatul Ulama berlandaskan Aqidah Ahlussunnah wal jamaah dan Mazhab Syafiiyyah dalam syariah.



3.    DASAR PEMIKIRAN

Pada hakikatnya upaya membangun, memelihara dan mengembangkan Bangunan Raudlatul Athfal adalah hak dan kewajiban insan yang beriman dan tunduk terhadap allah SWT. Upaya tersebut sudah sepantasnya pula disandarkan pada upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ketaqwaan kita terhadap Allah SWT.
Berdasarkan hal tersebut, maka dalam rangka membangun sarana penunjang pembangunan asrama, kami atas nama panitia mengajak kepada seluruh umat untuk bersama- sama melakukan pembangunan tersebut. Seruan kami ini sangat penting, karena tegaknya, terpeliharanya dan makmurnya syariat islam merupakan kunci sukses pengembangan pendidikan dan dakwah islamiyah.

4.    PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kurangnya dana atau anggaran untuk melaksanakan pembangunan Kelas RA Al Huda, maka dari itu kami selaku panitia pembangunan membuat proposal permohonan bantuan dana pembangunan Kelas RA Al huda tersebut.

5.    MAKSUD/ TUJUAN PEMBANGUNAN

Berdasarkan pemikiran diatas, maka upaya pembangunan Kelas sudah sepantasnya dilaksanakan, dengan harapan sudah terwujudnya bangunan yang refresentatif serta dapat menunjang kegiatan yang positif, baik kegiatan belajar mengajar (pendidikan) keagamaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.
1.    Terbinanya sikap mental yang mandiri dan mengemban risalah islamiyah.
2.    Meingkatkan pendidikan islam dan syi’ar islam dengan tersedianya fasilitas yang lebih baik, yang layak dan memadai
3.    Memberikan kesempatan kepada segenap umat islam tak terkecuali untuk beramal jariyah bagi kepentingan islam.
4.    Ikut berpartisifasi secara aktif dalam rangka mengisi kegiatan dalam pembangunan sesuai dengan bidang garapan masing- masing
5.    terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana


6.    RENCANA SUMBER DANA DAN PENGGUNAAN

Sumber dana yang tersedia sebagai modal awal adalah dari kas Raudlatul Athfal Al Huda dan bantuan- bantuan dari masyarakat serta para aghniya- aghniya setempat, yang mana apabila diukur dengan anggaran yang direncanakan sangat jauh dari mencukupi, namun dengan tekad fii sabilillah dan rasa harapan, kami mengajak kepada seluruh kaum muslimin untuk bershadaqoh jariyah demi terwujudnya bangunan ruang belajar yang layak dan memadai.

7.    METODE/ CARA PELAKSANAAN KEGIATAN

Untuk metode atau cara pelaksanaan kegiatan pembangunan, kami selaku panitia membagi- bagi kelompok kerja khususnya untuk masyarakat setempat untuk melaksanakan kegiatan pembangunan setiap satu hari satu kali untuk membantu buruh teknisnya.

8.    RENCANA KEGIATAN

Dilandasi dengan niat Lillahi Ta’alaa maka dengan diawali ucapan ”Bismillahirrohmanirrohiim” kami panitia pembangunan Gedung Kelas RA Huda berniat melaksanakan kegiatan pembangunan ini dengan lima tahap kegiatan
    Tahap Pertama        : Perencanaan dan Konsolidasi
    Tahap Kedua        : Pencarian dana dan pengumpulan
    Tahap Ketiga        : Persiapan Pekerjaan
    Tahap Keempat        : Persiapan keseluruhan
    Tahap Kelima        : Finishing

9.    JANGKA WAKTU ATAU JADWAL PELAKSANAAN

1)    Tanggal pelaksanaan disesuaikan dengan adanya dana, dalam artian jikalau dana sudah terkumpul kegiatan pembangunan akan segera dimulai.
2)    Para pekerja hanya diperbolehkan istirahat pada jam 12.00- 13.00 (dzuhur)
3)    Untuk hari jum’at pembangunan diliburkan
4)    Kegiatan pembangunan dilaksanakan sampai pekerjaan selesai


10.    PENUTUP
Demikian usulan proyek ini disusun dengan maksud agar semua pihak dapat mengetahui dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan mengenai segala sesuatu yang menyangkut dengan proyek ini. Semoga Allah SWT memudahkan jalan bagi kelancaran pembangunan ini serta memberkahi hamba- hambanya yang senantiasa memberikan dukungan serta bantuan terhadap perjuangan yang diridhoi Allah SWT, Amien. Atas segala bantuannya kami haturkan terimaksih.




PROFIL SINGKAT
RAUDLATUL ATHFAL (RA) AL HUDA PENGARASAN


a.    Profil Raudlatul Athfal Al Huda
1. Nama Sekolah    :    Raudlatul Athfal Al Huda
2. Nomor NSRA    :    012332902104
3. Alamat    :    Desa / Kel.    :    Pengarasan RT 04 RW 03
        Kecamatan    :    Bantarkawung
        Kab. / Kota    :    Brebes
        Provinsi    :    Jawa Tengah
        Kode Pos    :    52274
        Tlp. / HP    :    085727528422
4. Kepala Sekolah     :    K.Ahmd Bahrum
5. Jumlah Siswa
    1. Siswa Laki- laki    :    55 Siswa
    2. Siswa Perempuan    :    43 Siswa
    Jumlah total    :    98 Siswa
6. Sarana/prasarana yang dimiliki RA Al Huda
    1. Tanah yang belum dipakai    :    80 m²
    2. Gedung/Bangunan yang ada    :    100 m²
7.    Tenaga Pendidik
    Jumlah Guru  yang aktif    :    6 Ustadz.

b.    Visi, Misi, dan Tujuan Raudlatul Athfal Al Huda
1.    Visi Raudlatul Athfal Al Huda Pengarasan adalah “ Menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan menguasai ilmu pengetahuan yang sesuai dengan norma Islam”
2.    Misi Raudlatul Athfal Al Huda Pengarasan :
    Memupuk keyakinan terhadap akidah Islamiyah.
    Melaksanakan proses pembelajaran yang sinergis dengan mempertahankan nilai-nilai kultural
    Membekali generasi dengan IPTEK dan IMTAQ
    Membangun kerja sama dengan masyarakat
    Menyediakan lingkungan agamis
    Membuka potensi dan kompetisi kreatif santri sebagai individu pemikir.

3.    Tujuan Pondok Raudlatul Athfal Al Huda Pengarasan
-         Terciptanya kegiatan pembelajaran yang tertib, disiplin, sehat, dan nyaman.
-       Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan melalui kegiatan pembelajaran yang terintegrasi antara teori dan praktik.
-       Terwujudnya lulusan yang berkulaitas sehingga mampu melanjutkan pendidikan sampai tingkat tertinggi.
-        Terwujudnya siswa yang mempunyai karakter islam yang intelektual dan berteknologi canggih.
-        Terwujudnya pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kondisi masyarakat.



Pengarasan, 10 Mei 2013

Kepala Sekolah RA Al Huda





K. Ahmad Bahrum 



0 comments:

Post a Comment